Cara mengatasi bantal bau apek memang perlu untuk Anda ketahui. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya bantal tidak bau apek. Bau apek pada bantal tentunya bisa membuat para penggunanya tidak nyaman. Sebab, istirahat yang seharusnya rileks malah terganggu karena bantal yang bau.

Cara Mengatasi Bantal Bau Apek
pixabay.com

Berbagai Cara Mengatasi Bantal Bau Apek

Istirahat akan lebih nyaman apabila menggunakan bantal sebagai tumpuan kepala. Penggunaan bantal memang sangat penting untuk mendukung istirahat supaya menjadi lebih rileks. Tetapi, penggunaan bantal yang terlalu sering bisa menimbulkan perubahan terhadap bantal. Tidak hanya perubahan bentuk bantal saja, tetapi penggunaan bantal dalam waktu lama juga bisa membuatnya menjadi bau apek.

Bantal yang sudah berubah menjadi bau akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap penggunanya. Bantal yang bau tersebut bisa saja menjadi pemicu timbulnya jerawat atau berbagai penyakit lain. Maka dari itu, perlu untuk mengatasi bantal supaya tidak menjadi bau seperti berikut ini:

Rutin Ganti Sarung Bantal

Cara mengatasi bantal bau yang pertama yaitu dengan rutin mengganti sarungnya. Sebaiknya Anda rutin mengganti sarung bantal supaya terhindar dari bau yang tidak sedap. Paling tidak Anda bisa mengganti sarung bantal selama dua minggu sekali.

Apabila rutin mengganti sarung bantal, maka bau yang tidak sedap bisa hilang secara perlahan. Dengan begitu ketika istirahat menggunakan bantal bisa lebih nyaman lagi.

Rutin Menjemur Bantal pada Bawah Sinar Matahari

Supaya bantal terhindar dari bau apek Anda bisa rutin menjemur pada sinar matahari. Menjemur bantal pada sinar matahari jadi salah satu cara mengatasi bantal bau apek. Anda bisa melepas sarung bantal terlebih dahulu dan jemur bantalnya pada matahari.

Anda bisa menjemur bantal setiap satu atau dua jam supaya bau apek bisa hilang. Adanya sinar matahari dan udara yang kering bisa menghilangkan kelembaban pada bantal. Sehingga bantal Anda yang tadinya bau akan kembali normal lagi.

Semprot dengan Air Cuka

Cuka juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau apek pada bantal. Anda bisa menyemprotkan air cuka pada permukaan bantal. Pastikan menyemprotkan air cuka tersebut secara menyeluruh pada permukaan bantal.

Setelah itu, diamkan suka tersebut selama kurang lebih 5 menit supaya meresap. Selanjutnya keringkan bantal dengan handuk dan jemur pada bawah sinar matahari.

Mencuci Bantal

Apabila bantal Anda sudah memiliki bau apek yang berlebihan maka bisa langsung mencucinya. Anda bisa mencuci bantal menggunakan air dan sabun supaya kembali menjadi harum. Tetapi, tidak semua bantal bisa Anda cuci menggunakan mesin.

Beberapa jenis bantal juga memiliki cara pencucian manual menggunakan tangan. Ketika akan mencuci bantal sebaiknya gunakan deterjen yang lembut. Hal itu bisa membuat kain bantal tetap awet dan tahan lama.

Itulah tadi ulasan tentang berbagai cara mengatasi bantal bau apek yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu, istirahat Anda bisa lebih nyaman dan berkualitas.